Wednesday, March 18, 2009

Visit Batam 2010

Ayo berkunjung ke kota Batam!!! Seruan ini yang sedang digaungkan Pemko Batam. Ya, visit Batam tahun 2010 dicanangkan agar Batam dikunjungi lebih banyak turis. So, mau kemana aja jalan-jalan di Batam?

Jembatan Barelang
Inilah jembatan yang paling terkenal di Batam. Nama resminya Jembatan Fisabilillah, tapi lebih dikenal dengan nama Jembatan Barelang. Jembatan ini, sesuai namanya BA-RE-LANG, menghubungkan pulau Batam, Rempang dan Galang. Jembatan ini tipe gantung dan terletak sekitar 5 km dari simpang Tembesi Pos. Letaknya sih agak jauh dari pusat kota, Batam Centre atau Nagoya, kira-kira 30 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Jembatan Barelang tidak hanya terdiri dari 1 jembatan saja, tapi ada sekitar 6 jembatan yang saling menghubungkan pulau-pulau antara Batam-Rempang dan Galang. Tiap jembatan mempunyai bentuk, model dan panjang yang berbeda, tapi yang paling besar dan eksotis ya jembatan pertama. (gbr. atas)





Jalur sepanjang jembatan ini mulus, lumayan lebar dan asyiknya agak sepi, sehingga sangat menyenangkan buat mereka yang suka olahraga sepeda. Setelah lelah bersepeda, kita dimanjakan dengan restoran-restoran sea food yang banyak terdapat di dekat jembatan Barelang. Selain sea food, banyak juga penjual jagung yang mangkal di dekat Jembatan I.

Masjid Raya Batam
Selain jembatan Barelang, tempat yang layak dikunjungi di Batam adalah masjid Raya Batam. Masjid ini terletak di Batam Centre dan mempunyai arsitektur yang unik.

Masjid ini adalah masjid yang terbesar di pulau Batam, terletak di dekat kantor Walikota Batam dan Terminal Ferry Internasional. Di dalamnya tidak hanya digunakan untuk sholat atau beribadah saja, tapi juga untuk kantor badan zakat, toko, bahkan jasa travel agent. Lantai dasar digunakan untuk usaha dan perkantoran, lantai 1 dan 2 digunakan untuk sholat. Halamannya sangat luas, bisa digunakan untuk sholat Hari Raya Iedul Fitri atau Iedul Adha.

Pusat Perbelanjaan
Selain berjalan-jalan, Batam juga mempunyai banyak pusat perbelanjaan atau mal yang cukup representatif. Sebut saja, Megamall, Nagoya Hills, BCS Mal, DC Mal, Panbil, Top100 dan masih banyak lagi.




(bersambung)

No comments:

Post a Comment